JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

Inilah 9 Orang Terkaya di Asia Tenggara pada 2024 The Real 9 Naga!

Orang Terkaya di Asia Tenggara

Banyak dinamika menarik dalam daftar orang terkaya di Asia Tenggara di tahun 2024 ini. Nama-nama besar menurut data Forbes, bahwa pengusaha asal Indonesia tetap menunjukkan dominasinya. Salah satu tokoh yang menarik perhatian adalah Prajogo Pangestu. 

Sempat mengalami penurunan peringkat dunia, dengan berada di posisi ke-40 dari sebelumnya peringkat ke-24. Tetapi kekayaan Prajogo masih mencengangkan dengan nilai mencapai US$35,9 miliar pada awal tahun 2024.

Sebagai salah satu orang terkaya di Asia Tenggara, Prajogo Pangestu tetap mempertahankan posisi sebagai orang terkaya di Indonesia dan juga di seluruh Asia Tenggara. Kekayaannya meningkat signifikan sepanjang tahun dan membuatnya menjadi salah satu dari empat orang di dunia yang mengalami lonjakan kekayaan terbesar.

Orang Terkaya di Asia Tenggara

Dengan jumlah Milyarder yang mencapai sekitar 60 juta di seluruh dunia, seperti yang dilaporkan dalam Global Wealth Report 2023, Asia Tenggara menjadi salah satu pusat pertumbuhan kekayaan yang luar biasa.

Dalam daftar yang dirilis oleh Forbes bekerja sama dengan bank J.P. Morgan, kita dapat melihat dominasi pengusaha Indonesia selalu di peringkat atas. Oke, sebentar lagi kita akan mengungkap lebih dalam tentang The real 9 naga, yaitu orang-orang terkaya di Asia Tenggara.

Penasaran siapa orang terkaya nomor satu di Asia Tenggara? Apakah Anda juga ingin tahu siapa yang menduduki puncak daftar orang terkaya di dunia pada 2024? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut.

Sebagai tambahan informasi, selain mendominasi di Asia Tenggara, beberapa nama ini juga bersaing ketat dengan orang terkaya di dunia. Data dari Forbes menunjukkan betapa dinamisnya perubahan kekayaan, khususnya Asia Tenggara dengan pertumbuhan kekayaan tercepat.

9 Orang Terkaya di Asia Tenggara

Mari kita telusuri lebih dalam dan kenali lebih dekat para taipan yang menguasai perekonomian di Asia Tenggara pada tahun 2024 ini.

9. Robert Kouk (Kouk Group)

Robert Kouk, adalah milyarder Malaysia dalam daftar orang terkaya di Asia Tenggara 2024 pertama yang kita bahas. Beliau berinvestasi di sektor keuangan dan property dengan kekayaan mencapai US$10,3 miliar,

Kemahirannya dalam sektor ini menjadikan Malaysia berkembang secara ekonominya. Sebagai pendiri jaringan Shangri-La Hotels and Resorts, yang didirikan di Singapura pada 1971, Kouk telah menempatkan dirinya sebagai salah satu pengusaha terkemuka di Asia.

8. Sarath Ratanavadi (Gulf Energy Development)

Orang Terkaya di Asia Tenggara

Kekayaan hampir US$10,9 miliar, menduduki peringkat ke-8 di Asia Tenggara. Sebagai pendiri Gulf Energy Development, kontribusi terbesarnya yaitu pada sektor kelistrikan di Thailand. Perusahaan ini berhasil mengumpulkan lebih dari US$700 juta pada tahun 2017 di saham bursa thailand. Sarath Ratanavadi jelas memainkan peran penting dalam pengembangan infrastruktur energi Thailand.

7. Dhanin Chearavanont (Charoen Pokphand Group)

Dengan kekayaan sekitar US$11,3 miliar, Beliau adalah seorang big bos dari Charoen Pokphand Group. Perusahaan ini beroperasi di sektor pertanian, makanan ternak, dan telekomunikasi. Chearavanont telah menjadikan perusahaannya sebagai salah satu konglomerat terbesar di Asia. Pengaruhnya di pasar Thailand dan internasional tidak bisa dipandang sebelah mata.

6. Charoen Sirivadhanabhakti (Thai Beverage)

Charoen Sirivadhanabhakti, memiliki kekayaan US$11,6 miliar, Sekaligus pemilik Thai Beverage perusahaan minuman terkemuka di Thailand. Beliau telah membantu mengangkat citra industri minuman Thailand ditaraf internasional. Aset terbesarnya adalah Fraser & Neave, sebuah perusahaan makanan dan minuman yang berbasis di Singapura.

5. Goh Cheng Liang (Nippon Paint Holdings)

Memiliki kekayaan hampir US$12,8 miliar, adalah bos Nippon Paint Holdings. Seorang milyarder dari singapura yang piawai dalam industri cat dalam negeri, hingga skala global. Nippon Paint kini menjadi produsen cat dengan pendapatan terbesar keempat di dunia, menempatkan Goh Cheng Liang sebagai salah satu orang terkaya di Asia Tenggara pada 2024.

4. Li Xiting (Mindray Bio-Medical Electronics)

Kekayaan Li Xiting mencapai US$14,1 miliar, Beliau adalah pendiri Mindray Bio-Medical Electronics Singapura. Perusahaan teknologi medisnya telah memberikan sumbangsih besar terhadap perkembangan sektor kesehatan di kawasan tersebut. 

Mindray, yang didirikan bersama dua rekannya, Xu Hang dan Cheng Minghe, telah menjadi salah satu perusahaan kesehatan terbesar di dunia.

Li Xiting lahir di Tiongkok dan lulus dari University of Science and Technology of China. Sebelum mendirikan Mindray, dia sudah akrab dengan dunia teknologi sains dan kesehatan. Dengan kantor pusat di Shenzhen, Tiongkok, Mindray terus berkembang dan mendominasi pasar peralatan medis global.

Forbes mencatat Li Xiting sebagai orang terkaya ke-126 di dunia dan terkaya kelima di Asia Tenggara pada tahun 2024, dengan kekayaan mencapai USD 15,1 miliar atau setara dengan Rp244,8 triliun.

3. R. Budi Hartono dan Michael Hartono (Djarum Group)

Orang Terkaya di Asia Tenggara

Hampir semua orang indonesia familier dengan Djarum Group. Perusahaan ini bergerak di berbagai bidang mulai dari rokok, perkebunan, properti, hingga finansial dan FnB (foods and beverages). R. Budi Hartono dan Michael Hartono adalah sosok di balik kesuksesan Djarum Group.
  • R. Budi Hartono menempati peringkat ketiga di Asia Tenggara dan ke-71 di dunia dengan kekayaan USD 26,5 miliar atau sekitar Rp429,7 triliun. Salah satu bisnis utama mereka yakni rokok kretek yang telah memberikan triliunan rupiah setiap tahunnya.
  • Michael Hartono berada di posisi keempat di Asia Tenggara dan ke-76 di dunia dengan kekayaan USD 25,5 miliar atau sekitar Rp413,5 triliun. Bersama saudaranya, mereka telah membawa Djarum menjadi salah satu merek rokok terkemuka di dunia.
Kedua saudara ini juga dikenal melalui IPO terbesar kedua di Indonesia pada 2022, saat mereka mendaftarkan Global Digital Niaga, pemilik e-commerce Blibli, dan mengumpulkan USD 510 juta.

2. Low Tuck Kwong (Bayan Resources)

Low Tuck Kwong, pendiri Bayan Resources, adalah orang terkaya kedua di Asia Tenggara dengan kekayaan USD 27,9 miliar atau sekitar Rp444,3 triliun. Forbes menempatkannya di peringkat ke-66 dalam daftar orang terkaya di dunia pada 2024. Bayan Resources, perusahaan batu bara terbesar di Indonesia, menjadi sumber utama kekayaannya.

Selain itu, Low Tuck Kwong juga mengendalikan Metis Energy di Singapura dan memiliki saham di beberapa perusahaan lainnya. Seperti The Farrer Park Company, Samindo Resources, dan Voksel Electric. Kekayaannya meningkat tajam dari USD 3,7 miliar pada 2022 menjadi USD 25,5 miliar pada 2023, menunjukkan pertumbuhan bisnis yang luar biasa.

1. Prajogo Pangestu (Barito Pacific)

Orang Terkaya di Asia Tenggara

Beliau adalah taipan terkaya no.1 di asia tenggara. Prajogo Pangestu dengan Barito Pacific Groupnya ini menjadi orang terkaya di Asia Tenggara pada 2024. Dengan kekayaan mencapai USD 43,4 miliar atau sekitar Rp703,7 triliun, Beliau menempati posisi ke-27 dalam daftar orang terkaya di dunia.

Perusahaan yang didirikannya bergerak di berbagai sektor seperti kehutanan, perkebunan, minyak dan gas, pertambangan batu bara dan emas, serta panas bumi. Prajogo sudah lama berkecimpung di dunia bisnis. Sebelum krisis ekonomi 1997, ia adalah taipan perkayuan terbesar di Indonesia melalui Djajanti Timber Group.

Keberhasilan terbarunya adalah pencatatan saham perusahaan energi terbarukan, Barito Renewables Energy, pada Oktober 2023. Ini menunjukkan visinya yang jauh ke depan dalam mengembangkan bisnis di sektor energi terbarukan.

Itu tadi nama-nama taipan yang mendominasi daftar orang terkaya di Asia Tenggara tahun 2024. Ini menunjukkan betapa besar kontribusi mereka terhadap perekonomian di kawasan tersebut. Dari semua lini sektor energi terbarukan hingga e-commerce dll, mereka menjadi symbol kesuksesan masa depan.

Tidak hanya menjadi yang terkaya di Asia Tenggara, mereka juga bersaing di panggung dunia, dan menegaskan posisi Asia sebagai pusat kekayaan global di bidang SDA.

Sekedar informasi tambahan singkat:

1. Siapa orang terkaya no 1 di Asia Tenggara? Prajogo Pangestu dari Indonesia adalah orang terkaya nomor satu di Asia Tenggara pada 2024.

2. Siapa orang terkaya di dunia 2024? Hingga awal 2024, Bernard Arnault dari Prancis tetap memimpin sebagai orang terkaya di dunia.

3. Kota apa yang paling kaya di dunia? Kota New York, Amerika Serikat, dikenal sebagai kota paling kaya di dunia dengan jumlah miliarder terbanyak.

4. Siapa yang paling kaya di Vietnam? Pham Nhat Vuong, pendiri Vingroup, adalah orang terkaya di Vietnam.

Semoga bermanfaat!

1 comment

  1. Inilah 9 Orang Terkaya di Asia Tenggara pada 2024 The Real 9 Naga! yang perlu anda ketahui. R. Budi Hartono dan Michael Hartono (Djarum Group) ternyata ada di posisi ketiga terkaya di asia tenggara.

    ReplyDelete