JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

Mengintip 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2024, Apakah Indonesia Termasuk?

Negara Terkaya di Dunia

Menariknya, daftar Negara terkaya di dunia sering kali didominasi oleh negara-negara kecil tetapi memiliki ekonomi yang sangat kuat. Menurut data terbaru dari International Monetary Fund (IMF) yang dikutip pada awal Februari 2024, ada beberapa perubahan menarik dalam peringkat ini.

Salah satu cara untuk mengukur kekayaan suatu negara adalah dengan melihat Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. PDB ini mencerminkan nilai total dari semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam negeri.

Namun, untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang kekayaan negara, kita juga perlu mempertimbangkan inflasi dan biaya hidup lokal, yang dikenal dengan istilah Paritas Daya Beli (PPP).

Negara Terkaya di Dunia

Sebagai contoh, Irlandia mencatatkan dirinya sebagai negara terkaya di dunia tahun 2023 dengan PDB per kapita mencapai 145,196 dolar AS, atau sekitar Rp2,2 miliar. Menyusul di belakangnya, Luksemburg dan Singapura menempati posisi kedua dan ketiga.

PDB per kapita masing-masing sebesar 142,490 dolar AS dan 133,895 dolar AS. Angka-angka ini tentu memberikan gambaran betapa kuatnya ekonomi negara-negara tersebut.

Lalu, di mana posisi Indonesia? Dengan PDB per kapita sebesar 14,923 dolar AS, Indonesia berada di peringkat ke-96. Masuk dalam 100 besar terkaya di dunia, angka ini tetap menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Penasaran siapa saja yang masuk dalam daftar 10 negara terkaya di dunia tahun 2024 berdasarkan PDB per kapita? Mari kita lanjut dan lihat apakah prediksi kita benar tentang negara-negara dengan ekonomi paling kuat di tahun ini!

Peringkat Negara Terkaya di Dunia 2024

Dalam daftar ini, kita akan melihat bagaimana mereka  mampu mencapai perekonomian yang sangat kuat.

10. Makau

Makau, wilayah administratif khusus di Republik Rakyat Tiongkok, berada di peringkat kesepuluh dengan PDB per kapita sebesar $70.135 atau sekitar Rp 1,1 miliar.

Populasi penduduk hanya 695.000 jiwa. Makau dikenal sebagai pusat perjudian dunia, dengan lebih dari 40 kasino yang menjadi daya tarik utama wisatawan. Meskipun pandemi Covid-19 sempat menghantam ekonomi Makau, wilayah ini telah menunjukkan pemulihan ekonomi yang cepat.

9. Denmark

Di posisi kesembilan, Denmark memiliki PDB per kapita sebesar $72.940 atau sekitar Rp 1,15 miliar, dengan populasi sekitar 5,86 juta jiwa. Denmark dikenal sebagai salah satu negara teraman di dunia, menduduki posisi kedua menurut Global Peace Index. 

Tidak hanya itu, negara ini juga menempati posisi keempat dalam Quality of Life Index yang dirilis oleh Numbeo. Kualitas hidup yang tinggi di Denmark didukung oleh sistem sosial yang kuat dan ekonomi yang stabil.

8. Amerika Serikat

Amerika Serikat menduduki peringkat kedelapan dengan PDB per kapita sebesar $83.066 atau sekitar Rp 1,32 miliar. Amerika memiliki ekonomi yang sangat dinamis. Beberapa sektor industri utama yang mendorong perekonomian negara ini meliputi:
  • Kesehatan
  • Teknologi
  • Ritel
  • Pembangunan
  • Manufaktur barang-barang tidak tahan lama seperti gas, listrik, dan pakaian.
Selain memiliki ekonomi yang kuat, Amerika Serikat juga didukung oleh kemampuan militer yang dominan. Meskipun PDB per kapita-nya cukup tinggi, peringkatnya dalam daftar ini lebih rendah jika dibandingkan dengan PDB totalnya.

7. Qatar

Di peringkat ketujuh, ada Qatar dengan PDB per kapita sebesar $84.906 atau sekitar Rp 1,34 miliar dan populasi 2,93 juta jiwa. Qatar dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah, terutama minyak dan gas alam.

Cadangan besar minyak dan gas alam ini memberikan kontribusi signifikan terhadap kekayaan Negara. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu dari 10 ekonomi teratas berdasarkan PDB per kapita tahun 2023, dan mempertahankan posisi tingginya di antara negara-negara terkaya di dunia.

6. Islandia

Negara Terkaya di Dunia

Berikutnya adalah Islandia, yang berada di peringkat keenam dengan PDB per kapita sebesar $87.875 atau sekitar Rp 1,39 miliar dan populasi hanya 373.000 jiwa. Ekonomi Islandia sangat bergantung pada pariwisata, perikanan, dan ekspor aluminium.

Pariwisata menyumbang 8,1 persen dari PDB, sementara 40 persen dari total ekspor berasal dari aluminium. Meski ukurannya kecil, Islandia berhasil mempertahankan posisi ekonominya yang kuat di kancah internasional.

5. Singapura

Singapura, negara kecil di Asia Tenggara, menempati peringkat kelima sebagai negara terkaya di dunia sekaligus Negara terkaya di asean. PDB per kapita mencapai $91.733 atau sekitar Rp 1,45 miliar dan populasi sekitar 5,45 juta jiwa.

Singapura terus menunjukkan kekuatannya sebagai pusat bisnis dan perdagangan global. Negara ini dikenal karena banyaknya Ultra High Net Worth Individuals (UHNWI), yaitu individu dengan kekayaan bersih minimal $30 juta.

Menurut Investopedia, Singapura adalah magnet bagi para pebisnis dan investor, menjadikannya salah satu pusat ekonomi terbesar di dunia. Meskipun sempat mengalami tantangan ekonomi akibat pandemi dan perlambatan ekonomi.

China sebagai mitra perdagangan penting bagi singapura di sektor manufaktur, menyumbang 21,6 persen dari total PDB. Singapura berhasil bangkit kembali dengan kekuatan ekonominya.

4. Norwegia

Norwegia, dengan populasi 5,41 juta jiwa, memiliki PDB per kapita sebesar $102.465 atau sekitar Rp 1,6 miliar. Dikenal sebagai salah satu penyedia petroleum terbesar di Eropa Barat, yang merupakan salah satu sumber utama kekayaannya.

Sumber daya alam yang melimpah ini membuat Norwegia mampu membangun ekonomi yang kuat dan stabil.

Salah satu aspek yang menarik dari ekonomi Norwegia adalah dana kekayaan negara yang sangat besar, mencapai $1,3 triliun. Dana ini dirancang untuk menghadapi krisis darurat dan memastikan stabilitas ekonomi jangka panjang.

Ini menjadikan Norwegia memiliki dana kekayaan negara terbesar di dunia, memberikan keamanan finansial yang luar biasa bagi negara dan penduduknya.

Selain minyak bumi, Norwegia juga mengembangkan sektor-sektor lain seperti teknologi dan jasa, yang berkontribusi pada diversifikasi ekonomi.

3. Swiss

Swiss, negara kecil di Eropa dengan populasi sekitar 8,7 juta jiwa, memiliki PDB per kapita yang mencapai $110.251 atau sekitar Rp 1,75 miliar. Apa rahasia kekayaan Swiss? Salah satunya adalah industri pariwisata yang sangat maju.

Swiss dikenal dengan pemandangan alam yang memukau, resor ski kelas dunia, danau yang indah, serta kota-kota bersejarah yang menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Selain pariwisata, Swiss juga unggul dalam sektor ekspor. Negara ini adalah eksportir utama logam mulia, alat presisi, dan mesin seperti komputer dan alat medis. Sektor jasa mendominasi ekonomi Swiss dengan kontribusi sekitar 74 persen dari PDB.

Sementara sektor industri menyumbang sekitar 25 persen dan sektor pertanian, meskipun sangat kecil, juga memberikan kontribusi yang stabil.

Swiss juga terkenal sebagai pusat keuangan global dengan banyaknya bank dan lembaga keuangan besar yang beroperasi di sana. Tambahan lagi, Swiss memiliki tarif PPN (VAT) terendah di Eropa, yang membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk bisnis dan investasi.

2. Irlandia

Turun peringkat dari posisi pertama, Irlandia, dengan PDB per kapita sebesar $117.988 atau sekitar Rp 1,8 miliar, berada di puncak daftar negara terkaya di dunia urutan ke-2.

Setelah krisis keuangan besar pada tahun 2008, Irlandia melakukan reformasi besar-besaran dalam industri perbankannya. Negara ini mengambil langkah-langkah seperti pemotongan upah sektor publik untuk mendorong pemulihan ekonominya.

Selain itu, Irlandia dikenal sebagai salah satu surga pajak terbesar di dunia. Banyak perusahaan multinasional seperti Apple, Google, dan Microsoft memiliki operasi besar di negara ini.

Perusahaan raksasa ini memberikan kontribusi lebih dari 50 persen terhadap perekonomian Irlandia dalam beberapa tahun terakhir. Keberadaan perusahaan-perusahaan ini tidak hanya membawa investasi besar tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan standar hidup.

Negara Terkaya di Dunia

1. Luxembourg Surga Kekayaan dan Kesejahteraan

Luxembourg, dengan PDB per kapita sebesar $140.312 atau sekitar Rp 2,2 miliar, memegang gelar sebagai negara terkaya di dunia. Negara ini berhasil memanfaatkan kekayaannya untuk meningkatkan kualitas hidup penduduknya.

Fokus utama adalah pada pendidikan dan kesehatan, memastikan bahwa warga mendapatkan layanan berkualitas tinggi di kedua bidang ini.

Salah satu alasan tetap kuat secara ekonomi adalah dampak yang relatif minimal dari pandemi Covid-19. Selain itu, Luxembourg adalah tujuan pariwisata terkenal dari seluruh dunia.

Dengan kastil-kastil indah, pemandangan hijau, dan kanal-kanal cantiknya yang menarik pengunjung. Investasi dalam pariwisata ini juga berkontribusi besar terhadap perekonomian negara.

Kesimpulan

Jika Anda penasaran tentang Negara terkaya di dunia 2024, Luxembourg dan Irlandia patut menjadi perhatian utama Anda. Mereka tidak hanya kaya dalam angka, tetapi juga dalam kualitas hidup yang mereka tawarkan kepada penduduknya.

Kedua negara ini adalah contoh luar biasa tentang bagaimana negara kecil dapat menjadi sangat kaya dan sejahtera. 

Dengan fokus pada pendidikan, kesehatan, dan reformasi ekonomi, Negara ini menunjukkan kualitas hidup yang tinggi bagi warganya. Apakah Indonesia bisa mengikuti jejak mereka? Hanya waktu yang akan menjawab.

 

Post a Comment