JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

Info Terbaru WhatsApp Gold Martinelli, Apakah Hoax atau Fakta?

WhatsApp Gold Martinelli

Halo, lappanders! Ketika saya menerima pesan whatsapp yang berbunyi seperti ini:
Hai, Hari ini di Radio orang2 berbicara tentang Whasapp Gold. Konon akan ada video yang akan diluncurkan besok di Whatsapp dan disebut Martinelli. Jangan buka. Bila masuk ke ponsel anda dan tidak ada yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya. Sebarkan berita ini kepada teman yang anda kenal. Jika anda menerima pesan untuk memperbarui Whatsapp Gold, jangan di buka! Mereka baru saja mengumumkan bahwa virusnya serius. Kirimkan ke semua orang yang anda kenal…
Pertama saya akan mewanti-wanti perihal Pesan Whatsapp tersebut. Kedua ada rasa was-was dan takut kalo info dan data penting disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Nah, langkah ketiga, yang saya lakukan pasti menggali informasi dan mencari tahu fakta kebenarannya.

Akhir-akhir ini, dunia maya kembali dihebohkan oleh informasi yang beredar tentang WhatsApp Gold Martinelli. Kamu mungkin pernah menerima pesan yang meminta untuk memperbarui aplikasi WhatsApp kamu ke versi yang disebut WhatsApp Gold bukan?

Isi pesan itu memperingatkan adanya video bernama Martinelli yang bisa meretas ponselmu hingga tidak dapat diperbaiki. Tapi, apakah whatsapp gold itu hoax atau fakta?

WhatsApp Gold Martinelli

Sebelum kamu panik dan terburu-buru untuk menghapus video yang bahkan belum pernah kamu lihat, ada baiknya kamu mengetahui fakta sebenarnya. Pesan tentang WhatsApp Gold Martinelli ini bukanlah hal baru. Turnbackhoax.id, sebuah situs pengecek fakta, sudah pernah membahas klaim ini sejak tahun 2020.

Mereka menyebutkan bahwa informasi tentang video Martinelli dan pesan mengenai WhatsApp Gold sudah beredar sejak beberapa tahun lalu. Hoax tentang video Martinelli pertama kali muncul pada tahun 2017 dalam bahasa Spanyol. Sementara isu tentang WhatsApp Gold, yang juga dikenal sebagai WhatsApp Plus, pertama kali muncul pada tahun 2016.

Jadi, mengapa hoax lama ini kembali beredar? Jawabannya sederhana, rasa penasaran dan ketakutan kita terhadap hal yang belum diketahui. Banyak orang yang tidak sadar bahwa informasi ini adalah tipuan yang sudah dibantah berkali-kali. Bahkan, sebuah situs besar Heavy.com yang menegaskan bahwa semua itu hanyalah tipu-tipu semata.

Bahaya WhatsApp Gold dan video Martinelli

WhatsApp Gold Martinelli

Apakah informasi WhatsApp Gold hoax atau fakta yang berulang. Yuk, kita kupas lebih dalam!

1. Apa itu Whatsapp Gold?

WhatsApp Gold, atau yang juga dikenal sebagai WhatsApp Plus, adalah aplikasi yang diklaim sebagai versi premium dari WhatsApp. Pesan-pesan hoax yang beredar menyebutkan bahwa WhatsApp Gold hanya tersedia bagi selebritas dan sebagian besar masyarakat kelas menengah keatas.

Whatsapp baru ini menawarkan fitur-fitur eksklusif seperti panggilan video, pengiriman 100 gambar sekaligus, dan kemampuan menghapus pesan setelah dikirim.

Namun, kenyataannya, WhatsApp Gold bukanlah aplikasi resmi yang dikembangkan oleh WhatsApp. WhatsApp sendiri melalui situs resminya telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak pernah merilis aplikasi semacam itu.

Mereka malah mengimbau pengguna untuk menghapus aplikasi tak resmi ini karena potensi bahaya yang terkandung di dalamnya. Seperti adanya skrip atau kode berbahaya yang bisa mencuri data pribadi dan melacak aktivitas pengguna.

2. Video Martinelli apakah Ancaman atau Tipuan?

Pesan lain yang sering dikaitkan dengan WhatsApp Gold adalah tentang adanya video Martinelli yang konon bisa meretas ponsel dalam waktu 10 detik setelah dibuka. Hoax ini pertama kali muncul pada tahun 2017 dalam bahasa Spanyol dan telah menyebar luas sejak saat itu.

Fakta sebenarnya, video Martinelli sama sekali tidak ada. Kepolisian Spanyol adalah salah satu pihak pertama yang mengonfirmasi bahwa pesan terkait virus Martinelli ini adalah hoax. Pihak keamanan juga telah mengimbau agar pengguna tidak meneruskan pesan-pesan semacam ini untuk menghindari kepanikan yang tidak perlu.

3. Langkah-Langkah Melindungi Diri dari Hoax WhatsApp

Agar tidak terjebak dalam kepanikan dan hoax yang beredar, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melindungi dirimu dan orang lain:
  • Perbarui Keamanan Ponsel Secara Rutin
Pastikan selalu mengunduh pembaruan keamanan resmi untuk ponselmu. Pembaruan ini biasanya mengandung perbaikan untuk celah-celah keamanan yang ditemukan.
  • Hindari Mengunduh Aplikasi dari Sumber Tidak Resmi
Selalu unduh aplikasi dari toko resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store. Aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi bisa mengandung malware yang berbahaya.
  • Blokir dan Hapus Pesan Hoax
Jika menerima pesan yang mencurigakan, blokir kontak pengirim, hapus pesan tersebut, dan jangan meneruskannya kepada orang lain.
  • Periksa Informasi dari Sumber Terpercaya
Sebelum mempercayai dan menyebarkan informasi, pastikan untuk memeriksa kebenarannya melalui situs pengecek fakta atau sumber berita yang terpercaya.

WhatsApp Gold

Kesimpulan

WhatsApp Gold Martinelli hanyalah dua dari sekian banyak hoax yang terus berulang di dunia maya. Meskipun informasi ini sudah berkali-kali dibantah, rasa penasaran dan ketakutan seringkali membuat kita mudah terjebak dalam tipuan yang sama.

Kita boleh untuk selalu waspada dan kritis terhadap informasi yang kita terima. Jangan langsung percaya, tetapi periksa dulu kebenarannya. Oke, Be to Smart dan tidak mudah tertipu hoax!

Sumber: detik.com  

Post a Comment