JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

Prestasi Luar Biasa 5 Perwira TNI AD CumLaude di UI Tahun 2023

5 Perwira TNI AD Cumlaude di UI

Prestasi luar biasa telah diraih oleh lima perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang berhasil meraih predikat cum laude di Universitas Indonesia (UI). Kelima perwira ini mengukir prestasi gemilang di Fakultas Kajian Stratejik dan Global, Program Studi Kajian Terorisme UI. 

Selain memperoleh beasiswa dari TNI AD, mereka juga telah menunjukkan kinerja yang maksimal sebagai duta TNI AD dalam membangun citra positif TNI AD di dalam komunitas Civitas Akademika.

5 Perwira TNI AD CumLaude di UI 

Prestasi kelima perwira TNI AD ini merupakan kebanggaan bagi TNI AD dan bangsa Indonesia. Mereka telah menunjukkan bahwa prajurit TNI AD tidak hanya handal dalam menjaga kedaulatan negara, tetapi juga mampu berprestasi di bidang akademis. 

Ini dia kelima perwira TNI AD yang membanggakan institusi TNI AD itu.

1.Kolonel Czi Santi Karsa Tarigan

Kolonel Czi Santi Karsa Tarigan adalah salah satu dari lima perwira TNI AD kelahiran sumatera utara, kabanjahe, tanah karo yang meraih predikat cum laude di UI. Dengan dedikasi yang tinggi, Kolonel Santi Karsa Tarigan berhasil menyelesaikan studinya dengan sangat baik. 

Prestasinya ini tidak hanya mengukir namanya di dunia akademik, tetapi juga sebagai salah satu perwira terbaik pilihan TNI AD.

2.Letkol Inf Hendra Mirza

Letkol Inf Hendra Mirza, perwira yang berdedikasi dalam bidang Infanteri, juga berhasil meraih cum laude di UI. Ia membuktikan bahwa kemampuan dalam dunia militer tidak menghalanginya untuk menjadi yang terbaik dalam dunia akademik. Keuletan dan semangatnya patut diacungi jempol.

3.Mayor Inf Wahyu Agung Sukhamdani

Mayor Inf Wahyu Agung Sukhamdani adalah seorang perwira TNI AD yang memiliki komitmen tinggi terhadap pendidikan. Dengan IPK di atas 3.86, Mayor Wahyu Agung Sukhamdani membuktikan bahwa kedisiplinan dan fokus adalah kunci menuju prestasi luar biasa.

4.Mayor Inf Christo Febi Cahya Manafe

Prestasi cum laude di UI juga diraih oleh Mayor Inf Christo Febi Cahya Manafe. Ia adalah sosok yang berdedikasi tinggi dan selalu bersemangat dalam mengejar ilmu pengetahuan. Keberhasilannya ini adalah bukti bahwa pendidikan adalah investasi berharga.

5.Kapten Inf Alfredo

Terakhir, Kapten Inf Alfredo juga tak kalah gemilang dengan rekan-rekannya. Ia berhasil meraih predikat cum laude di UI, mengukuhkan dirinya sebagai salah satu perwira muda berpotensi dalam TNI AD. Keberhasilannya ini adalah hasil dari kerja keras dan ketekunan.

Dedikasi dan Prestasi yang Menginspirasi

Kelima Perwira Tersebut lulus pada Tahun 2023 dengan IPK rata-rata di atas 3.86. Di samping itu, kelima perwira TNI AD tersebut juga berhasil meraih gelar Magister Sains (M.Si) dari Universitas Indonesia,” seperti dikutip dari website resmi TNI AD, Selasa (26/9/2023).

Prestasi ini juga tidak terlepas dari amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat. Kelimanya adalah perwira pilihan yang mendapatkan beasiswa setelah melewati seleksi yang ketat oleh Universitas Indonesia pada tahun 2021.

Mereka telah membuktikan diri sebagai duta TNI AD yang berprestasi dan telah membangun citra positif TNI AD di kalangan civitas akademika UI.

Peran, Fungsi dan Tugas TNI

Dikutip dari website Tentara Nasional Indonesia ini peran dan fungsi Tentara Nasional Indonesia :

PERAN

TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

FUNGSI

(1) TNI sebagai alat pertahanan negara, berfungsi sebagai;

  • penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa;
  • penindak terhadap setiap bentuk ancaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a; dan
  • pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

(2) Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), TNI merupakan komponen utama sistem pertahanan negara.

TUGAS

(1) Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

(2) Tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan:

  1. operasi militer untuk perang;
  2. operasi militer selain perang, yaitu untuk:
  3. Mengatasi gerakan separatis bersenjata;
  4. Mengatasi pemberontakan bersenjata;
  5. Mengatasi aksi terorisme;
  6. Mengamankan wilayah perbatasan;
  7. Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis;
  8. Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri;
  9. Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya;
  10. Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta;
  11. Membantu tugas pemerintahan di daerah;
  12. Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang;
  13. Membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia;
  14. Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan;
  15. Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue); serta
  16. Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan dan penyelundupan.

(3) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

Berkontribusi positif bagi bangsa dan negara

5 Perwira TNI AD Cumlaude di UI ini telah berhasil memberikan kontribusi yang besar bagi TNI AD dan bangsa Indonesia. Mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam di bidang kajian strategis dan global, serta kajian terorisme.

Pengetahuan dan keterampilan tersebut dapat dimanfaatkan oleh TNI AD untuk meningkatkan kemampuannya dalam menjaga kedaulatan negara dan menangkal ancaman terorisme. 

Selain itu, kelima perwira TNI AD tersebut juga dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda, khususnya mereka yang ingin berkarir di bidang militer.

Post a Comment