JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

Wow ini dia 15 Negara Paling Luas di Dunia Indonesia urutan 14

15 Negara Paling Luas di Dunia

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang 15 negara paling luas di dunia dan beberapa fakta menarik mengenai negara tersebut. Di dunia ini banyak negara yang memiliki ukuran luas yang berbeda-beda. Namun, tahukah kamu negara mana yang terluas di dunia? 

Ada beberapa kriteria untuk mengukur negara terluas, seperti luas daratan dan luas wilayah perairan. Namun, kita akan memfokuskan pada luas daratan suatu negara. 

Daftar negara paling luas di dunia dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti letak geografis dan pembagian wilayah politik. Ternyata, negara yang dominan memiliki wilayah paling luas yakni di benua Asia dan Amerika. Mari kita mulai!

15 Negara paling luas di dunia

1 . Rusia

Rusia adalah negara terluas di dunia, dengan luas wilayah mencapai 17,2 juta km persegi. Negara ini terletak di Asia Utara dan Eropa Timur, dengan sebagian besar wilayahnya berupa daratan yang luas dan bersuhu dingin. 

Rusia memiliki sejarah panjang, mulai dari kerajaan Kievan Rus pada abad ke-9 hingga masa Uni Soviet pada abad ke-20. Topografi Rusia terdiri dari dataran rendah di sebelah barat dan pegunungan di sebelah timur. 

Sungai-sungai besar seperti Sungai Volga dan Sungai Yenisei mengalir di wilayah ini. Tak hanya itu, Rusia juga memiliki wilayah perairan yang luas, sehingga total luas wilayahnya menjadi yang terbesar di dunia.

2 . Kanada

Kanada adalah negara terluas kedua di dunia, dengan luas wilayah mencapai 9,7 juta km persegi. Negara ini terletak di Amerika Utara, dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari hutan belantara, pegunungan, dan danau. 

Kanada memiliki sejarah yang kaya, mulai dari peradaban asli hingga kedatangan bangsa Eropa pada abad ke-15. Topografi Kanada terdiri dari pegunungan Rocky di sebelah barat, dataran tinggi di tengah, dan dataran rendah di sebelah timur.

3 . China

China adalah negara terluas ketiga di dunia, dengan luas wilayah mencapai 9,6 juta km persegi. Negara ini terletak di Asia Timur, dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari dataran rendah dan pegunungan. 

China memiliki sejarah dan peradaban yang telah berkembang selama ribuan tahun. Topografi China terdiri dari pegunungan Himalaya di sebelah barat daya, dataran tinggi Mongolia di utara, dan delta Sungai Yangtze di sebelah tengah.

15 Negara Paling Luas di Dunia

4 . Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara terluas keempat di dunia, dengan luas wilayah mencapai 9,5 juta km persegi. Negara ini terletak di Amerika Utara, dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari dataran rendah, pegunungan, dan gurun. 

Amerika Serikat memiliki sejarah yang beragam, dari peradaban asli hingga kedatangan bangsa Eropa pada abad ke-15. Topografi AS terdiri dari Pegunungan Rocky di sebelah barat dan Appalachia di sebelah timur, serta dataran rendah di sebelah tengah.

5 . Brazil

Brazil adalah negara terluas kelima di dunia, dengan luas wilayah mencapai 8,7 juta km persegi. Negara ini terletak di Amerika Selatan, dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari hutan hujan Amazon dan dataran tinggi Brasil. 

Brasil memiliki sejarah yang beragam, dari peradaban asli hingga kolonialisasi oleh bangsa Portugis pada abad ke-16.

Topografi Brasil terdiri dari hutan hujan Amazon di sebelah utara, dataran tinggi Brasil di sebelah tengah, dan pegunungan di sebelah selatan. 

Hutan hujan Amazon merupakan salah satu wilayah terbesar di dunia yang masih memiliki ekosistem alami yang sangat kaya dengan flora dan fauna.

6 . Australia

Australia adalah negara terluas keenam di dunia dengan luas wilayah sekitar 7,8 juta km persegi. Negara ini terletak di benua Australia dan dikelilingi oleh Samudra Pasifik dan Selatan. 

Australia memiliki topografi yang sangat beragam, dengan sekitar 60% wilayahnya merupakan daerah kering dan gersang.

Selain itu, negara ini juga memiliki pegunungan, dataran tinggi, dan hutan hujan tropis.Sejarah Australia dimulai dengan kedatangan bangsa Eropa pada abad ke-18. 

Pada saat itu, bangsa Inggris mengambil alih wilayah Australia dan menjadikannya sebagai koloni pengasingan untuk para tahanan.

Namun, pada awal abad ke-20, Australia memperoleh kemerdekaannya dan menjadi negara dengan sistem pemerintahan demokratis yang kuat. 

Australia juga merupakan salah satu negara maju yang sangat berperan dalam berbagai bidang seperti ekonomi, teknologi, dan lingkungan hidup.

15 Negara Paling Luas di Dunia

7 . India

India adalah negara terluas ketujuh di dunia dengan luas wilayah sekitar 3,2 juta km persegi. Negara ini terletak di Asia Selatan dan memiliki topografi yang sangat beragam, dari pegunungan Himalaya di utara hingga dataran rendah di sepanjang pantai timur dan barat. 

India juga memiliki gurun pasir di wilayah barat laut dan hutan hujan tropis di wilayah timur laut. Sejarah India sangat kaya dan bervariasi, dengan banyak periode kejayaan dan kejatuhan dalam sejarahnya. 

Bangsa India memiliki peradaban yang sangat tua, dimulai dari periode Indus Valley Civilization pada milenium kedua SM. Selain itu, India juga dikenal dengan kontribusinya dalam bidang kebudayaan, seperti musik, tarian, dan seni rupa.

8 . Argentina

Argentina adalah negara terluas kedelapan di dunia dengan luas wilayah sekitar 2,8 juta km persegi. Negara ini terletak di Amerika Selatan. 

Memiliki topografi dari dataran rendah di sepanjang pesisir Atlantik hingga pegunungan Andes yang terletak di sepanjang perbatasan barat dengan Chile. Argentina juga memiliki padang rumput yang luas di wilayah selatan.

Sejarah Argentina dimulai dengan kedatangan bangsa Spanyol pada abad ke-16. Mereka mengambil alih wilayah yang sebelumnya dikuasai oleh bangsa pribumi. 

Setelah memperoleh kemerdekaan dari Spanyol pada tahun 1816, Argentina mengalami masa perubahan dan modernisasi yang signifikan. Negara ini memiliki ekonomi terbesar kedua di Amerika Selatan setelah Brasil.

9 . Kazakhstan

Kazakhstan adalah wilayah terluas kesembilan di dunia, dengan luas wilayah mencapai 2.7 juta km persegi. Negara ini terletak di Asia Tengah dan sebagian besar wilayahnya adalah stepa yang luas. 

Topografi Kazakhstan terdiri dari dataran tinggi di sebelah timur, pegunungan di sebelah tengah, dan gurun di sebelah selatan.

10 . Aljazair

Aljazair adalah negara terluas kesepuluh di dunia, dengan luas wilayah mencapai 2.5 juta km persegi. Negara ini terletak di Afrika Utara dan sebagian besar wilayahnya adalah gurun Sahara yang luas. 

Topografi Aljazair terdiri dari pegunungan Atlas, dataran rendah di sepanjang pesisir Mediterania, dan gurun di sebelah selatan.

11 . Kongo

Kongo adalah negara terluas kesebelas di dunia, dengan luas wilayah mencapai 2.3 juta km persegi. Negara ini terletak di Afrika Tengah dan sebagian besar wilayahnya adalah hutan hujan Kongo yang luas. 

Topografi Kongo terdiri dari hutan hujan, dataran rendah di sepanjang pesisir Atlantik, dan dataran tinggi di sebelah selatan.

Kongo memiliki sejarah yang kompleks, dari kebudayaan asli hingga penjajahan oleh bangsa Eropa pada abad ke-19 dan 20. Saat ini, Kongo sedang berusaha untuk membangun ekonominya yang bergantung pada sumber daya alam seperti mineral dan hutan.

12 . Greenland

Greenland adalah wilayah terluas keduabelas di dunia, dengan luas wilayah mencapai 2.2 juta km persegi. Negara ini terletak di Arktik dan sebagian besar wilayahnya adalah es dan salju yang menutupi daratan. 

Topografi Greenland terdiri dari pegunungan dan gletser yang tinggi di sebelah tengah dan dataran rendah di sepanjang pesisir.

Greenland memiliki sejarah yang unik, dari kebudayaan Inuit hingga menjadi bagian dari Kerajaan Denmark pada abad ke-18. 

Saat ini, Greenland adalah negara otonom yang sedang berusaha untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekspor ikan.

15 Negara Paling Luas di Dunia

13 . Saudi Arabia

Saudi Arabia adalah negara terluas ketigabelas di dunia, dengan luas wilayah mencapai sekitar 2,16 juta km persegi. Negara ini terletak di Timur Tengah dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari padang pasir dan gurun. 

Saudi Arabia juga memiliki sumber daya alam yang kaya, terutama minyak bumi dan gas alam. Saudi Arabia merupakan pusat keagamaan Islam dunia, dengan kota Mekkah dan Madinah sebagai kota suci bagi umat Islam. 

Beberapa tempat bersejarah di Saudi Arabia antara lain adalah situs arkeologi Madain Saleh dan kota tua Jeddah.

14 . Indonesia

Indonesia adalah negara dengan wilayah terluas keempat belas di dunia, dengan luas wilayah mencapai sekitar 1,92 juta km persegi. Negara ini terletak di Asia Tenggara dan terdiri dari ribuan pulau, dengan lima pulau terbesarnya. 

Antara lain pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Indonesia memiliki sejarah panjang, dengan keberadaan kerajaan-kerajaan kuno seperti Majapahit dan Sriwijaya. 

Keanekaragaman hayati dan keindahan alam seperti Danau Toba, Pulau Bali, dan Taman Nasional Komodo menjadi daya tarik wisatawan seluruh dunia.

15 . Libya

Libya adalah 15 negara paling luas di dunia, dengan luas wilayah mencapai sekitar 1,76 juta km persegi. 

Negara ini terletak di Afrika Utara dan sebagian besar wilayahnya terdiri dari gurun Sahara. Libya juga memiliki sejarah peradaban tua seperti peradaban Romawi dan Yunani kuno.

Beberapa fakta menarik tentang Libya antara lain adalah, negara ini memiliki situs bersejarah yang terkenal seperti kota tua di Tripoli dan situs arkeologi Sabratha. 

Libya juga merupakan produsen minyak dan gas alam yang besar di Afrika serta memiliki arsitektur seni Islam yang dominan. Namun, Libya juga mengalami banyak konflik dan perang saudara selama beberapa tahun terakhir.

Kesimpulan

Oke, itulah Daftar 15 negara paling luas di dunia yang perlu kamu ketahui. Sementara itu, ketika membahas negara dengan wilayah perairan terluas, Negara seperti Kanada, Australia, dan Indonesia masuk dalam daftar tsb. 

Setelah membandingkan kedua daftar tersebut, kemudian dipilihlah negara yang memiliki luas wilayah terbesar di dunia. Rusia memiliki luas 7 kali lebih luas dari wilayah indonesia tetapi jumlah penduduknya lebih sedikit dibandingkan jumlah penduduk indonesia.

Meskipun Indonesia berada di urutan ke-14, namun masih memiliki luas wilayah yang sangat besar, khususnya di wilayah perairan. Semoga bermanfaat!


Post a Comment