JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

Ini Dia Harga Paket Internet Starlink Yang diluncurkan Elon Musk di Indonesia!

Paket Internet Starlink

Indonesia kini menjadi salah satu negara yang mendapatkan akses ke layanan internet berbasis satelit Starlink. Paket Internet Starlink Indonesia diresmikan langsung oleh Elon Musk pada Minggu, 19 Mei 2024. Peluncuran yang berlangsung di Denpasar, Bali ini turut dihadiri oleh beberapa menteri.

Meski Presiden Joko Widodo tidak dapat hadir, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa kehadiran Starlink sangat penting untuk mengatasi masalah keterbatasan akses internet di daerah terpencil Indonesia.

Luhut menjelaskan bahwa banyak wilayah terpencil di Indonesia membutuhkan akses internet berkecepatan tinggi. Dengan adanya Starlink, diharapkan dapat membantu berbagai sektor penting di daerah-daerah tersebut.

Peluncuran ini bahkan diadakan di sebuah klinik kesehatan, menekankan misi Starlink untuk menyediakan layanan internet yang cepat dan terjangkau bagi komunitas yang paling membutuhkan.

Paket Internet Starlink

Untuk bisa menikmati layanan internet Starlink, masyarakat perlu memiliki perangkat keras (VSAT) atau stasiun penerima sinyal starlink. Perangkat ini memerlukan biaya tambahan di luar langganan internet itu sendiri.

Meski begitu, kehadiran Starlink diharapkan bisa menjadi solusi bagi banyak daerah di Indonesia yang selama ini kesulitan mendapatkan akses internet yang memadai. Dengan kecepatan dan jangkauan yang luas, Starlink menawarkan harapan baru bagi pemerataan akses internet di Indonesia.

Dengan peluncuran ini, Elon Musk dengan Starlinknya berpotensi mengubah wajah digital Indonesia. Internet starlink ini diharapkan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah terpencil, dan mendukung pembangunan yang lebih merata.

Internet Starlink Indonesia

Paket Internet Starlink

Setelah mendapatkan izin operasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Starlink menawarkan berbagai paket internet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari pengguna rumahan hingga kebutuhan bisnis yang lebih kompleks.

Menariknya, Starlink menjanjikan kecepatan internet yang tinggi dan stabil, bahkan di lokasi yang sulit dijangkau oleh provider internet konvensional. Ini tentu menjadi angin segar bagi banyak pengguna internet di Indonesia.

Ada dua jenis VSAT (Perangkat keras) yang ditawarkan oleh Starlink untuk menunjang layanan internetnya.
  • Pertama, ada VSAT seharga Rp7.800.000 yang cocok untuk pelanggan yang menetap di satu lokasi, seperti di rumah. 
  • Kedua, ada VSAT yang lebih mahal, seharga Rp43.721.590, dirancang untuk pelanggan dengan mobilitas tinggi, misalnya untuk digunakan di kapal yang beroperasi di perairan.

Cara berlangganan paket starlink indonesia

Jika Anda tertarik untuk berlangganan paket internet Starlink, berikut panduan lengkap cara berlangganannya.

Prosesnya cukup mudah dan dapat dilakukan melalui situs resmi Starlink. Simak langkah-langkah berikut untuk memastikan Anda bisa segera menikmati layanan internet satelit terbaik ini!

1. Akses Situs Resmi Starlink

Pertama, kunjungi laman resmi Starlink di www.starlink.com/id. Di sini, Anda bisa menemukan informasi lengkap mengenai layanan yang ditawarkan serta memulai proses pemesanan.

2. Masukkan Alamat Layanan

Gulir halaman hingga menemukan kolom Alamat Layanan. Masukkan "Indonesia" atau alamat spesifik tempat Anda akan menggunakan layanan Starlink.

3. Cek Ketersediaan Layanan

Klik tombol Pesan Sekarang untuk mengecek ketersediaan layanan Starlink di lokasi Anda. Halaman akan menunjukkan apakah Starlink sudah tersedia di area tersebut.

4. Isi Informasi Kontak dan Alamat Pengiriman

Setelah memastikan layanan tersedia di lokasi Anda, isi informasi kontak dan alamat pengiriman dengan benar. Pastikan semua data sudah tepat sebelum melanjutkan.

5. Tinjau Biaya Layanan dan Perangkat Keras (VSAT)

Halaman berikutnya akan menampilkan rincian biaya langganan bulanan dan harga perangkat keras yang diperlukan. Perlu diingat, ada biaya pengiriman dan penanganan sebesar Rp 345.000 yang akan ditambahkan ke total biaya.

6. Pesan Sekarang

Untuk melanjutkan pemesanan, pilih Melakukan Pesanan. Perlu diketahui, pembayaran hanya bisa dilakukan menggunakan kartu kredit atau debit Mastercard dan Visa.

7. Estimasi Pengiriman

Setelah pembayaran terkonfirmasi, perangkat VSAT akan dikirimkan ke alamat Anda. Untuk perangkat residensial, estimasi waktu pengiriman adalah 1-2 minggu. Sementara untuk perangkat dengan mobilitas tinggi seperti VSAT Kapal, pengiriman memerlukan waktu sekitar 3-4 minggu.

8. Pemasangan Mandiri

Setelah perangkat tiba, Anda bisa memasangnya sendiri dengan bantuan pedoman yang tersedia di aplikasi Starlink. Paket Starlink untuk Rumah sudah termasuk router Wi-Fi, kabel Starlink 15 meter, kabel daya, dan base station.

9. Aktivasi Layanan

Tagihan bulanan pertama akan diterima setelah Starlink diaktifkan atau 30 hari setelah pengiriman, mana yang lebih dulu. Pastikan perangkat sudah dipasang dengan benar untuk memaksimalkan pengalaman internet Anda.

Harga Paket Internet Starlink

Paket Internet Starlink

Untuk harga paket internet Starlink di Indonesia sendiri, ada beberapa pilihan mulai dari paket personal hingga paket bisnis. Starlink menawarkan solusi internet berkecepatan tinggi yang stabil, bahkan di lokasi-lokasi terpencil. 

Berikut adalah rincian lengkap dari berbagai paket internet Starlink yang tersedia di Indonesia.

1. Harga Paket Residensial

Bagi keluarga yang membutuhkan internet cepat dan andal, Harga Internet Starlink Paket Residensial adalah pilihan yang sempurna. Paket ini menawarkan kecepatan tinggi tanpa batas kuota.
  • Harga Paket Bulanan Standar: Rp 750.000 per bulan
  • Harga Perangkat Keras Standar: Rp 7.800.000
Dengan paket ini, Anda bisa menikmati konektivitas tanpa hambatan untuk streaming, browsing, dan aktivitas online lainnya di rumah.

2. Harga Paket Jelajah

Jika Anda adalah seorang digital nomad atau sering bepergian menggunakan karavan, Harga Internet Starlink Paket Jelajah sangat cocok untuk Anda. Paket ini menawarkan kuota mobile tanpa batas dan portabilitas yang memudahkan Anda tetap terhubung di mana pun berada.
  • Mobile Regional: Rp 990.000 per bulan
  • Mobile Global: Rp 6.995.480 per bulan
  • Harga Perangkat Keras Standar: Rp 7.800.000
Paket ini menjamin koneksi internet yang stabil bahkan saat Anda bergerak atau berada di lokasi terpencil.

3. Harga Paket Kapal

Untuk kebutuhan maritim, tanggap darurat, atau bisnis mobile, Harga Internet Starlink Paket Kapal menawarkan solusi terbaik. Dengan fitur mobile global dan prioritas jaringan, Anda bisa tetap terhubung saat berlayar.
  • Prioritas Mobile-50 GB: Rp 4.345.000 per bulan
  • Prioritas Mobile-1 TB: Rp 17.160.000 /bulan
  • Prioritas Mobile-5 TB: Rp 86.130.000 /bulan
  • Harga Perangkat Keras Performa Tinggi Flat: Rp 43.721.590
Paket ini memberikan dukungan prioritas untuk memastikan koneksi yang andal di tengah laut.

4. Harga Paket Lokasi Tetap

Bagi bisnis yang membutuhkan koneksi internet stabil dan prioritas jaringan, Harga Internet Starlink Paket Lokasi Tetap adalah pilihan ideal. Paket ini dilengkapi dengan kuota standar tanpa batas, IP publik, dan dukungan prioritas.
  • Prioritas-40 GB: Rp 1.100.000 per bulan
  • Prioritas-1 TB: Rp 3.025.000 per bulan
  • Prioritas-2 TB: Rp 6.116.000 /bulan
  • Prioritas-6 TB: Rp 12.320.000 /bulan
  • Harga Perangkat Keras Standar: Rp 7.800.000
Dengan paket ini, bisnis Anda akan selalu mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

5. Harga Paket Mobilitas Darat

Paket Internet Starlink

Untuk kebutuhan bisnis yang selalu bergerak atau tanggap darurat, Harga Internet Starlink Paket Mobilitas Darat menawarkan fitur mobile global dengan prioritas jaringan.
  • Prioritas Mobile-50 GB: Rp 4.345.000 per bulan
  • Prioritas Mobile-1 TB: Rp 17.160.000 /bulan
  • Prioritas Mobile-5 TB: Rp 86.130.000 /bulan
  • Harga Perangkat Keras Performa Tinggi Flat: Rp 43.721.590
Paket ini memastikan bahwa bisnis Anda tetap terhubung di mana pun berada.

6. Harga Paket Maritim

Internet Starlink Paket Maritim sangat cocok untuk kebutuhan maritim, tanggap darurat, atau bisnis yang sering berpindah tempat. Dengan prioritas jaringan dan dukungan prioritas, Anda bisa menikmati konektivitas yang stabil dan cepat saat berlayar.
  • Prioritas Mobile-50 GB: Rp 4.345.000 per bulan
  • Prioritas Mobile-1 TB: Rp 17.160.000 /bulan
  • Prioritas Mobile-5 TB: Rp 86.130.000 /bulan
  • Harga Perangkat Keras Performa Tinggi Flat: Rp 43.721.590
Itulah tadi Harga Paket Internet Starlink yang sudah resmi masuk ke Indonesia. Dengan mengikuti panduan ini, Anda sudah siap menikmati kecepatan internet tinggi dan koneksi stabil dari Starlink dimanapun anda berada. Semoga bermanfaat!

Post a Comment