JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

Cek Disini Perbandingan Harga Starlink Indonesia dengan Internet Lokal!

Harga Starlink Indonesia

Apakah klaim bahwa Harga Starlink Indonesia yang berbasis satelit lebih murah daripada internet lokal? Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan hal tersebut baru-baru ini. Namun, apakah benar Starlink lebih terjangkau? Yuk, kita bedah bersama!

Starlink, yang berada di bawah naungan SpaceX milik Elon Musk, kini sudah beroperasi di Indonesia sejak awal April 2024. Dengan layanan berbasis satelit, Starlink menawarkan kecepatan internet hingga 250-300 Mbps.

Untuk bisa menikmati layanan ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 7,8 juta untuk perangkat awal, seperti antena dan router. Setelah itu, ada biaya langganan bulanan sebesar Rp 750.000. Pertanyaannya, apakah harga ini benar-benar lebih murah dibandingkan dengan penyedia internet lokal?

Harga Starlink Indonesia

Mari kita lihat lebih dekat. ISP lokal di Indonesia, seperti IndiHome, First Media, Biznet, dll. Bisa menawarkan harga yang lebih bervariasi dan umumnya lebih terjangkau. Misalnya, paket termurah IndiHome untuk internet saja dihargai sekitar Rp 280.000 per bulan dengan kecepatan hingga 30 Mbps.

Begitu juga dengan First Media yang menawarkan paket seharga Rp 230.000 per bulan. Untuk kecepatan yang lebih tinggi, hingga 200-300 Mbps, ISP lokal seperti Biznet menawarkan harga sekitar Rp 400.000 hingga Rp 575.000 per bulan.

Dari perbandingan ini, terlihat bahwa harga Starlink Indonesia lebih mahal dibandingkan dengan harga ISP lokal yang bisa memberikan kecepatan serupa dengan harga lebih rendah.

Misalnya, paket internet termahal dari IndiHome seharga Rp 425.000 per bulan menawarkan kecepatan hingga 100 Mbps, masih jauh lebih murah dibandingkan Starlink.

Namun, perlu diingat bahwa Starlink menawarkan keunggulan lain, terutama bagi daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh jaringan kabel. Dengan teknologi satelit, Starlink bisa menjadi solusi praktis untuk mendapatkan akses internet cepat di wilayah yang selama ini minim layanan.

Perbandingan mana yang Lebih Menguntungkan?

Harga Starlink Indonesia

Penasaran dengan layanan Harga internet Starlink Indonesia? Yuk, kita ulas dan bandingkan dengan penyedia layanan internet lokal seperti IndiHome, XL, Indosat, dll.

Di sini, kita akan membahas harga dan kecepatan internet yang ditawarkan, sehingga kamu bisa menentukan pilihan terbaik sesuai kebutuhanmu. Mari kita lihat bagaimana harga Starlink Indonesia dibandingkan dengan layanan lokal ini.

1. Harga dan Paket Internet IndiHome

IndiHome, sebagai salah satu pemain besar dalam layanan fixed broadband di Indonesia, menawarkan beragam paket internet dengan harga yang variatif tergantung pada kecepatan yang diberikan. Berikut adalah beberapa paket yang bisa kamu pertimbangkan:
  • Paket Termurah: IndiHome Jitu 1-1P dengan kecepatan 30 Mbps seharga Rp 280.000 per bulan.
  • Paket 50 Mbps: Harga mulai dari Rp 350.000 per bulan.
  • Paket 100 Mbps: IndiHome Complete 1P dengan harga Rp 515.000 per bulan.
  • Paket Termahal: Kecepatan hingga 300 Mbps dengan harga Rp 888.000 per bulan, sudah termasuk layanan streaming Disney+ Hotstar dan Maxstream.

2. Harga dan Paket Internet Biznet

Biznet juga menawarkan paket internet yang menarik dengan harga kompetitif. Berikut adalah beberapa pilihan paket dari Biznet:
  • Paket Termurah: Biznet Home Internet 0D dengan kecepatan 50 Mbps seharga Rp 250.000 per bulan.
  • Paket 250 Mbps: Biznet Home Internet 2D dengan harga Rp 575.000 per bulan.
  • Paket 300 Mbps: Paket Home Gamer 3D dengan kecepatan 300 Mbps seharga Rp 700.000 per bulan, sudah termasuk akses gratis Biznet Wifi dan Biznet Video.

3. XL Satu

XL Axiata menghadirkan layanan internet rumah melalui produk XL Satu. Mereka menawarkan beberapa paket internet broadband dengan kecepatan yang bervariasi:
  • Paket 75 Mbps: Rp 259.000 per bulan
  • Paket 150 Mbps: Harga lebih tinggi namun detail tidak disebutkan
  • Paket Ultimate 1 Gbps: Rp 999.999 per bulan

4. Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat juga menawarkan layanan HiFi dengan berbagai pilihan kecepatan:
  • HiFi 30 Mbps: Rp 245.000 per bulan
  • HiFi 300 Mbps: Rp 555.000 per bulan
  • HiFi 500 Mbps: Rp 655.000 /bulan
  • HiFi 1 Gbps: Rp 1.255.000 /bulan

5. First Media

First Media dikenal dengan paket internet kabel yang terjangkau dan berkualitas:
  • Stream Value 50 Mbps: Rp 230.000 per bulan
  • Stream Premium 300 Mbps: Rp 566.000 per bulan

Harga Internet Starlink Indonesia

Starlink, layanan internet satelit dari SpaceX, menawarkan kecepatan internet hingga 250-300 Mbps. Namun, harga yang ditawarkan cukup tinggi:
  • Biaya perangkat awal: Rp 7,8 juta (termasuk antena dan router)
  • Biaya langganan bulanan: Rp 750.000
  • Dan Variasi lainnya

Perbandingan Harga dan Kecepatan

Jika dibandingkan, harga Starlink terlihat lebih mahal dibandingkan dengan layanan ISP lokal. Misalnya, untuk kecepatan 300 Mbps, Indosat HiFi menawarkan harga Rp 555.000 per bulan, sementara First Media menawarkan kecepatan yang sama dengan harga Rp 566.000 /bulan.

Starlink mematok harga Rp 750.000 per bulan untuk kecepatan hingga 250-300 Mbps.

Mengapa Starlink Lebih Mahal?

Harga Starlink Indonesia

Dengan Harga Starlink Indonesia yang mencapai Rp 750.000 per bulan, layanan internet satelit ini memang terlihat lebih mahal dibandingkan dengan ISP lokal. Berikut beberapa alasan dan perbandingannya:
  • Harga Perangkat: Untuk mulai menggunakan Starlink, kamu perlu mengeluarkan biaya awal sekitar Rp 7,8 juta untuk perangkat seperti antena dan router.
  • Kecepatan: Starlink menawarkan kecepatan hingga 250-300 Mbps, sebanding dengan paket tertinggi dari ISP lokal namun dengan biaya bulanan yang lebih tinggi.
  • Ketersediaan: Starlink lebih cocok untuk daerah terpencil yang sulit dijangkau jaringan kabel, memberikan solusi internet cepat di wilayah yang sebelumnya minim akses.

Alternatif Menggunakan ISP Lokal

Dengan budget Rp 750.000 per bulan yang sama, kamu bisa mendapatkan beberapa alternatif menarik dari ISP lokal:
  • IndiHome Gamer 3P: Paket seharga Rp 615.000 per bulan dengan kecepatan 50 Mbps, termasuk telepon 100 menit dan 81 channel TV berbayar.
  • Dua Paket ISP: Dengan budget Starlink, kamu bisa berlangganan dua ISP lokal berbeda. Misalnya, satu untuk keperluan bisnis dengan kecepatan tinggi dan satu lagi untuk kebutuhan rumahan.

Kesimpulan

Jadi, apakah Harga Starlink Indonesia lebih murah? Secara kasat mata, untuk pengguna di perkotaan dengan akses mudah ke ISP lokal, jawabannya adalah tidak. Namun, Starlink memiliki keunggulan tersendiri, terutama untuk daerah yang sulit dijangkau oleh jaringan kabel.

Bagi mereka yang tinggal di wilayah terpencil, layanan berbasis satelit seperti Starlink bisa menjadi solusi ideal meski dengan biaya yang lebih tinggi.

Yang jelas, memilih layanan internet terbaik sangat tergantung pada kebutuhan dan kondisi geografis masing-masing pengguna. Bagaimana menurutmu, apakah Starlink layak untuk dicoba?

1 comment

  1. Penasaran dengan layanan Harga internet Starlink Indonesia? Yuk, kita ulas dan bandingkan dengan penyedia layanan internet lokal di indonesia.

    Terima kasih sudah mampir disini. Semoga dengan mencek perbandinganHarga starlink Indonesia ini , kita lebih paham dan lebih bijak memilih internet yang sesuai dgn kebutuhan kita. terimakasih.

    ReplyDelete