JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

6 Cara Mengembalikan WA yang Terhapus, Mudah Banget Lho!

Cara Mengembalikan WA yang Terhapus

Tidak sengaja menghapus chat penting di WhatsApp? Jangan khawatir, karena WhatsApp memiliki fitur untuk mengembalikan chat yang terhapus. Ada 6 Cara Mengembalikan WA yang Terhapus sehingga Anda tidak perlu merasa cemas atau panik ketika hal tersebut terjadi.

Menghapus chat di WhatsApp merupakan hal yang biasa, terutama jika kita ingin membersihkan riwayat obrolan atau menghilangkan pesan yang salah terkirim.

Namun, kadang-kadang, chat yang seharusnya disimpan malah terhapus secara tidak sengaja. Beruntungnya, WhatsApp menyediakan cara untuk mengatasi hal ini.

Syarat utama untuk mengembalikan wa yang terhapus adalah dengan mengaktifkan fitur pencadangan atau backup. Proses ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah sederhana di aplikasi WhatsApp.

Sekali fitur ini diaktifkan, Anda dapat dengan mudah mengambil kembali chat yang telah terhapus.

Cara Mengembalikan WA yang Terhapus

Berikut adalah cara mengembalikan whatsapp yang terhapus di android secara singkat:

1. Aktifkan Fitur Backup Otomatis

Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur pencadangan otomatis di WhatsApp. Ini memastikan bahwa chat Anda secara berkala disimpan ke server cloud, sehingga memudahkan proses pemulihan jika diperlukan.

2. Deinstall dan Reinstall Aplikasi

Jika Anda telah menghapus chat dan ingin mengembalikannya, Anda dapat mencoba deinstall dan reinstall WhatsApp di ponsel Anda. Setelah menginstal ulang aplikasi, WhatsApp akan menawarkan untuk mengembalikan chat dari pencadangan terbaru yang tersimpan di cloud.

3. Pemulihan Manual dari Backup

Jika Anda tidak ingin menginstal ulang WhatsApp, Anda juga dapat memulihkan chat secara manual dari backup yang tersimpan. Masuk ke pengaturan WhatsApp, pilih 'Chat', kemudian 'Cadangan Chat'. Di sini, Anda dapat memilih opsi untuk memulihkan chat dari cadangan terakhir yang tersedia.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memulihkan chat WhatsApp yang terhapus. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan aman.

Dengan panduan singkat di atas, Anda akan mulai mengerti dan dapat mengurangi kekhawatiran akan kehilangan informasi penting. Untuk lebih jelasnya lagi, saya akan memberikan panduan lengkapnya.

Ini dia 6 cara mengembalikan wa yang terhapus  serta cara memulihkan wa yang terhapus dengan mudah:

1. Cara Mengembalikan wa yang Terhapus lewat fitur backup

WhatsApp memiliki fitur cadangan atau backup yang dapat memulihkan pesan yang telah terhapus dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan pesan WA yang terhapus:
  • Buka Aplikasi WhatsApp: Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  • Masuk ke Pengaturan: Di halaman utama WhatsApp, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas untuk mengakses menu pengaturan.
  • Pilih Menu Settings: Selanjutnya, pilih menu "Settings" dari daftar opsi yang muncul.
  • Akses Fitur Chat Backup: Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Chat Backup" dan klik fitur tersebut.
  • Lakukan Backup: Di bagian "Last Backup", klik tombol "Back Up" untuk memulai proses pencadangan pesan Anda. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Deinstall WhatsApp: Keluar dari aplikasi WhatsApp dan kembali ke layar utama ponsel Anda. Temukan ikon aplikasi WhatsApp, lalu tahan ikon tersebut hingga muncul beberapa opsi perintah. Selanjutnya, pilih opsi "Uninstall" untuk menghapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda.
  • Unduh Ulang WhatsApp: Setelah menghapus aplikasi WhatsApp, Anda perlu mengunduhnya ulang dari Google Play Store atau App Store. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai terunduh dan terpasang di ponsel Anda.
  • Verifikasi Nomor: Buka aplikasi WhatsApp yang baru diunduh dan masukkan nomor WhatsApp Anda yang lama. Lakukan verifikasi nomor dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  • Pulihkan Pesan dari Backup: Setelah berhasil masuk ke aplikasi WhatsApp, Anda akan diminta untuk memulihkan pesan dari backup yang telah Anda buat sebelumnya. Klik opsi "Restore" pada pop-up yang muncul untuk mengembalikan pesan yang telah di-backup.

2. Cara Mengembalikan wa yang Terhapus via iCloud

Cara Mengembalikan WA yang Terhapus

Bagi para pengguna iPhone, mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur iCloud. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Uninstall Aplikasi WhatsApp: Langkah pertama adalah menghapus aplikasi WhatsApp dari iPhone Anda. Ini adalah langkah penting untuk memulai proses pemulihan chat.
  • Install Ulang Aplikasi WhatsApp: Selanjutnya, instal kembali aplikasi WhatsApp dari App Store seperti biasa. Setelah aplikasi terunduh dan terpasang, login ke akun WhatsApp Anda seperti biasa dengan menggunakan nomor telepon Anda.
  • Pulihkan Chat dari iCloud: Setelah Anda berhasil login, WhatsApp akan mendeteksi adanya cadangan chat yang tersimpan di iCloud Anda. Ketika muncul perintah "Restore" atau "Pulihkan chat", klik opsi tersebut. WhatsApp akan mulai mengambil file backup yang ada di iCloud Anda.
  • Tunggu Proses Selesai: Tunggu beberapa saat hingga proses pengambilan dan pemulihan chat selesai. Setelah selesai, Anda akan melihat bahwa semua chat yang telah terhapus telah kembali seperti semula.

3. Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Melalui File Manager

Cara mudah untuk mengembalikan chat WA menggunakan File Manager di ponsel Android Anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Akses File Manager: Buka aplikasi File Manager pada ponsel Android Anda.
  • Navigasi ke Folder WhatsApp: Dalam File Manager, arahkan ke 'Penyimpanan Internal' lalu cari dan buka folder 'WhatsApp'.
  • Pilih Folder Database: Di dalam folder WhatsApp, temukan dan buka subfolder yang bernama 'Database'. Di sini Anda akan menemukan berbagai file cadangan chat WhatsApp.
  • Ubah Nama File Cadangan: Cari file dengan format nama `msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt12` dan ubah menjadi `msgstore.db.crypt12`. Ingat, jangan mengubah angka setelah ‘crypt’.
  • Uninstall dan Install Ulang WhatsApp: Setelah mengubah nama file, uninstall aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda. Kemudian, unduh dan instal kembali dari Google Play Store.
  • Proses Pemulihan: Setelah instalasi, login menggunakan nomor ponsel yang terdaftar. Pada saat diminta, pilih opsi 'Pulihkan' untuk memulai pemulihan chat dari file yang baru Anda ubah namanya.
  • Selesai dan Verifikasi: Setelah klik 'Lanjut', ponsel Anda akan secara otomatis mengembalikan data chat dari file backup. WhatsApp juga secara otomatis akan menyimpan backup chat ke File Manager setiap minggu pada pukul 02.00.
Anda bukan hanya bisa mengembalikan chat yang terhapus tetapi juga memastikan bahwa backup chat WhatsApp Anda selalu terbaru. Proses ini sangat sempurna untuk menghindari kehilangan data penting di masa depan.

4. Cara Mengembalikan WA yang Terhapus Menggunakan WhatsRemoved+

Cara Mengembalikan WA yang Terhapus

Berikut adalah panduan untuk menggunakan WhatsRemoved+ guna mengembalikan chat WA yang terhapus:
  • Unduh dan Install Aplikasi: Mulailah dengan mengunduh aplikasi WhatsRemoved+ dari Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS.
  • Buka Aplikasi: Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi WhatsRemoved+ di ponsel Anda.
  • Beri Izin Akses: Untuk dapat berfungsi, WhatsRemoved+ membutuhkan beberapa izin akses. Pastikan Anda membaca dan memahami izin yang diminta sebelum menerimanya.
  • Aktifkan Fitur Simpan File: Dalam aplikasi, cari dan klik pada fitur ‘Save Files’ atau ‘Simpan File’. Pilih ‘Allow’ atau ‘Izinkan’ untuk memberi WhatsRemoved+ akses menyimpan file yang terhapus.
  • Pemulihan Data: Setelah diatur, WhatsRemoved+ akan secara otomatis mendeteksi dan menampilkan semua file serta chat WA yang terhapus yang bisa dipulihkan.
Dengan WhatsRemoved+, Anda tidak hanya mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus tetapi juga file lain yang mungkin tidak sengaja terhapus. Ini adalah alat yang sangat berguna dalam kasus-kasus kehilangan data yang tidak terduga.

Pastikan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga ini dengan bijak. Pertimbangkan privasi serta keamanan data Anda saat memberikan izin akses.

5. Cara memulihkan cadangan WA melalui Cadangan Lokal

Tidak perlu panik jika Anda secara tidak sengaja menghapus chat WhatsApp yang penting. Anda bisa mengembalikan chat tersebut menggunakan cadangan lokal.

Berikut ini adalah panduan lengkap yang dapat membantu memulihkan chat WhatsApp dari cadangan lokal:
  • Siapkan Aplikasi Manajer File: Pertama, unduh atau buka aplikasi manajer file pada ponsel Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengelola file di ponsel dengan lebih mudah.
  • Akses Folder Database WhatsApp: Buka penyimpanan lokal atau kartu SD pada ponsel Anda, lalu navigasikan ke folder `WhatsApp` > `Database`. Jika Anda tidak menggunakan kartu SD, cek di `penyimpanan internal` atau `penyimpanan utama`.
  • Salin File Cadangan Terbaru: Temukan file cadangan chat terbaru dalam folder `Database`. Nama file biasanya diawali dengan `msgstore-` dan diikuti tanggal cadangan. Salin file ini ke folder `Database` di penyimpanan lokal perangkat Anda.
  • Instal Ulang dan Buka WhatsApp: Pasang kembali aplikasi WhatsApp jika Anda telah menguninstallnya. Buka aplikasi dan verifikasi nomor telepon Anda seperti biasa.
  • Mulai Proses Pemulihan: Setelah memasukkan nomor telepon, WhatsApp akan mendeteksi cadangan lokal dan menampilkan pilihan 'Pulihkan'. Ketuk opsi ini untuk memulai pemulihan chat dan media dari cadangan lokal.
  • Verifikasi dan Gunakan: Tunggu hingga proses pemulihan selesai. Setelah itu, chat dan media Anda yang terhapus akan kembali seperti semula.

6. Cara memulihkan cadangan wa di google drive

Jika Anda telah mengaktifkan cadangan di Google Drive, mengembalikan chat WA yang terhapus itu mudah. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulihkan percakapan Anda:
  • Pastikan Koneksi dengan Akun Google
Sebelum memulai, pastikan bahwa perangkat Anda terhubung dengan akun Google yang digunakan saat membuat cadangan chat. Ini penting karena cadangan hanya bisa diakses melalui akun Google yang sama.
  • Instalasi dan Verifikasi WhatsApp
Instal ulang aplikasi WhatsApp di ponsel Anda jika belum terpasang. Buka aplikasi dan verifikasi nomor telepon Anda, yang harus sama dengan nomor yang digunakan untuk membuat cadangan.
  • Proses Pemulihan
Setelah masuk, akan muncul opsi untuk 'Pulihkan' chat dari Google Drive. Ketuk opsi ini. Tunggu proses pemulihan selesai. Ini mungkin membutuhkan beberapa waktu tergantung pada jumlah data yang disimpan.
  • Inisialisasi dan Pemulihan Media
Setelah chat dipulihkan, WhatsApp akan melanjutkan dengan pemulihan file media seperti gambar, video, dan dokumen. Klik 'Lanjut' setelah semua media dipulihkan dan chat Anda akan muncul seperti sebelumnya.

Pastikan untuk mengatur frekuensi cadangan Anda, baik itu harian, mingguan, atau bulanan. 

Itulah tadi 6 Cara mengembalikan WA yang terhapus dengan mudah. Semoga informasi dan data penting anda tidak hilang lagi. Selamat mencoba, semoga berhasil mengembalikan chat Anda!

Post a Comment