JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

5 Tips Bisnis Rumahan yang Sukses untuk pemula

Bisnis Rumahan

Banyak orang bertanya Usaha apa sih yang bisa menghasilkan uang setiap hari? Di artikel ini kamu akan menemukan Tips Bisnis Rumahan yang Sukses bagi pemula yang harus kamu pertimbangkan mulai sekarang.

Beberapa orang seperti kaum ibu rumah tangga, pensiunan, maupun anak muda millineal sekarang pasti membutuhkan penghasilan tambahan. Terkadang seseorang memutuskan untuk memulai bisnis rumahan untuk pekerjaan utamanya.

Selain memberikan keleluasan waktu untuk keluarga juga pekerjaan ini tidak monoton dan terikat kontrak. Di lain waktu, orang juga bosan dengan rutinitas pergi bekerja, menghadap bos, dan jam-jam kerja yang ditentukan.

5 Tips Bisnis Rumahan yang Sukses untuk pemula

Tidak diragukan lagi bahwa peluang bisnis rumahan dapat memberikan penghasilan tambahan. Bahkan dapat menggantikan pekerjaan utama kita sebagai orang kantoran atau karyawan swasta. 

Keputusan anda sudah tepat untuk memilih bisnis rumahan ini. Langkah selanjutnya adalah menjadi sukses dalam bisnis anda sendiri. Ini dia 5 Tips Bisnis Rumahan yang perlu anda tekuni:

 1 . Usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Meskipun ada banyak peluang bisnis rumahan coba anda pilih satu diantaranya. Semakin banyak waktu yang anda habiskan untuk bisnis anda, maka semakin besar imbalan finansialnya buat anda. 

Para pebisnis rumahan juga harus mempertimbangkan passion yang ada didalam dirinya untuk menjadi sukses. Contohnya seorang ibu suka merias wajah maka jadikan passion ini untuk menjadi usaha seperti buka salon. 

Passion dapat membuat kita bersemangat dan mau bekerja keras untuk mewujudkannya. Bagi pemula bisa untuk mencoba usaha yang modal kecil kecilan dulu. 

Seperti membuka warung kopi, menjual pulsa elektrik, menjahit pakaian, jasa loundry, jasa cuci motor, pangkas rambut, reseller ataupun dropshiper.

2 . Usaha yang tidak pernah sepi pelanggan

Untuk mempertahankan bisnis rumahan anda, maka perlu bijaksana memilih usaha yang akan digeluti. Buat suatu diagram atau perbandingan melalui penelitian yang anda buat sebelum berbisnis rumahan.

Biasanya para pelaku bisnis rumahan akan meriset dulu jenis usaha yang bisa menguntungkan dirinya. Misalnya contoh usaha yang tidak pernah sepi :

  • Bisnis makanan / kuliner
  • Produk kecantikan
  • Jualan produk kesehatan
  • Toko sembako/ jualan kelontong
  • Jualan baju dan asesoris bayi
  • Bisnis fashion pria / wanita
  • dll.

3 . Hitung modal usaha anda

Ada usaha rumahan yang dimulai dari modal 50 ribu rupiah bahkan usaha rumahan omset jutaan. Modal usaha ini harus anda perhitungkan dengan cermat agar tidak terjadi kerugian yang besar. 

Minimalisir pengeluaran anda sekecil mungkin mengingat usaha anda masih baru. Upayakan meminjam modal usaha tanpa bunga dahulu. seperti meminjam kepada teman, keluarga maupun bank dengan suku bunga rendah.

Bersabarlah dalam bergerak maju untuk menuai keuntungan finansial anda. Pastikan Anda memiliki stok modal usaha yang cukup. karena ini akan membuat bisnis anda terus berjalan sampai bisnis anda mulai menghasilkan keuntungan.

4 . Kelola sumber pendapatan Anda.

Bisnis Rumahan

Pebisnis rumahan yang sukses biasanya memiliki beberapa sumber pendapatan. Dengan cara ini jika salah satu bisnisnya gagal maka akan mengalami periode stagnan dan berjalan dengan lambat. 

Tetapi dengan suntikan dana atau pendapatan yang mumpuni maka bisnis lain dapat mengisi periode kekosongan tersebut. Seperti pola para pemain bisnis raksasa. Mulailah dengan salah satu bisnis rumahan yang kamu minati. 

kemudian tambahkan yang lain ketika yang pertama mulai menghasilkan pendapatan tetap. Lakukan ini apabila tabungan anda cukup dengan perencanaan yang matang dan bisa dipertanggungjawabkan.

5 . Kelola administrasi pembukuan dengan baik

Terkadang para pekerja rumahan menganggap tidak serius akan pembukuan usaha ini. Penghasilan bisnis anda akan bercampur dengan keuangan pribadi. Administrasi pencatatan anda tidak akan akurat.

Sangat penting untuk memisahkan pendapatan dan pengeluaran bisnis anda. Ini juga bisa menghindari anda dari kerugian dan penggelapan dana yang mungkin terjadi. 

Dengan menyimpan dan mencatat semua kuitansi untuk pengeluaran dan pendapatan maka catatan keuangan anda akan terkontrol dengan baik. Jangan menggunakan dana perusahaan untuk keperluan pribadi anda apalagi bukan untuk keperluan yang penting. 

Kelola bisnis anda dengan catatan administrasi yang baik. Hal ini bisa membuat anda lebih mudah mengetahui perputaran uang anda dan tentu dapat mengetahui keuntungan maupun kerugian perusahaan.

Kesimpulan

Nah sobat lappanda, Bisnis rumahan yang lagi trend saat ini memang sedang diminati banyak orang. Pekerja rumahan sangat bermanfaat dalam hal mendapat potensi penghasilan, membuat jam kerja sendiri tanpa harus keluar rumah.

Kesuksesan anda terletak pada kerja keras kamu terhadap peluang bisnis rumahan yang tepat. Mulailah dari sekarang, dan kami akan mendukung komitmen anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat!

OldestNewer

Post a Comment