JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

5 Tips Membeli Laptop Bekas/Wajib Tau! Cara Cek Laptop Bekas

Tips Membeli Laptop Bekas

Halo! Lappanders, kali ini, saya akan berbagi tips membeli laptop bekas atau second. Salah satu kendala dalam membeli laptop bekas adalah keterbatasan waktu dan tempat, baik dari pedagang maupun pembeli. Apalagi ketika anda membeli laptop bekas dengan cara COD.

Tips Membeli Laptop Bekas

Cara cek laptop bekas sering kali terkendala ketika memeriksa Laptop second yang akan di beli. Hal ini disebabkan karena laptop memiliki banyak komponen. Kadang-kadang, tempat-tempat umum seperti mal atau restoran juga tidak memungkinkan bagi kita untuk mengecek semuanya.

1. Cek Penjualnya

Tips Membeli Laptop Bekas pertama adalah memeriksa penjualnya. Ada dua jenis penjual laptop bekas secara umum. Pertama, orang yang memiliki bisnis jual laptop bekas, seperti bekas kantor. 

Biasanya, jika pengurusannya bagus, mereka akan mengecek laptop bekas terlebih dahulu dan memastikan kondisinya berfungsi dengan baik sebelum menjualnya kembali. Penjual seperti ini terlihat lebih aman karena mereka memiliki toko fisik dan usaha yang berjalan.

Kedua, perorangan yang ingin mendapatkan uang cepat dengan menjual laptopnya. Namun, saya pribadi lebih cenderung memilih penjual perorangan karena biasanya laptop mereka dalam kondisi yang lebih bagus. 

Namun, perlu diingat bahwa risikonya lebih tinggi karena mereka mungkin kurang paham tentang laptop secara keseluruhan.

2. Cek Speknya Secara Benar

Banyak orang terkecoh di sini. Misalnya, saat Anda mencari laptop Core i5 di toko online, tetapi pada deskripsi tertulis “for FW” atau sejenisnya. Setelah ditelusuri, ternyata itu adalah laptop dari tahun 2011-2012 atau bahkan lebih tua. 

Performanya mungkin kalah dengan laptop dengan prosesor Pentium zaman sekarang. Selain itu, belum tentu Windows 10 atau 11 kompatibel dengan hardware laptop yang didukung.

Ini bisa berisiko jika ada pembaruan keamanan yang tidak didapatkan karena laptop tidak mendukungnya. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa spesifikasi dengan benar dan memastikan kompatibilitas hardware dengan sistem operasi yang Anda inginkan.

Tips Membeli Laptop Bekas

3. Cek Hardware

Periksa hardware laptop bekas yang akan Anda beli. Pastikan layarnya dalam kondisi baik. Perhatikan apakah ada pixel yang mati atau mungkin ada pixel yang terang sendiri saat layar dalam keadaan mati. 

Hal ini bisa mengganggu pengalaman penggunaan. Periksa juga keyboardnya, pastikan semua tombol berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah seperti double press atau tombol yang tidak responsif.

Periksa juga apakah ada kerusakan fisik pada bagian laptop, seperti lepasnya lapisan keyboard atau layar yang pecah. Selain itu, periksa juga port-port dan perangkat keras lainnya, seperti webcam, mikrofon, USB, jack earphone, HDMI, dll., untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

4. Periksa Penggunaan Sebelumnya

Tanyakan kepada penjual tentang penggunaan laptop sebelumnya. Anda bisa menanyakan hal-hal seperti berapa lama laptop tersebut telah digunakan, apa keperluan pengguna sebelumnya, dan bagaimana laptop tersebut telah dirawat. 

Jika laptop bekas digunakan dengan baik dan dirawat dengan baik oleh pengguna sebelumnya, kemungkinan besar laptop tersebut akan berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, Anda juga dapat meminta informasi tentang riwayat perbaikan atau masalah yang pernah dialami oleh laptop tersebut. Jika laptop pernah mengalami masalah serius atau perbaikan yang rumit, mungkin lebih baik mencari pilihan lain yang lebih terjamin kualitasnya.

5. Tes Fungsionalitas

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas, pastikan untuk melakukan tes fungsionalitas. Anda dapat meminta penjual untuk menghidupkan laptop dan melakukan beberapa tindakan dasar, seperti membuka program, menjelajah internet, atau memutar video. 

Periksa apakah laptop berjalan dengan lancar dan responsif. Pastikan juga untuk memeriksa baterai, apakah dayanya masih baik atau sudah terkikis. Selain itu, tes juga perangkat keras lainnya, seperti touchpad, koneksi Wi-Fi, speaker, dan lain-lain.

Jika diperbolehkan, Anda juga dapat melakukan instalasi sistem operasi sementara atau booting menggunakan drive USB. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa laptop dapat berfungsi dengan baik dalam pengaturan yang lebih kompleks.

Tips Membeli Laptop Bekas

Kesimpulan cara cek laptop bekas yang tepat

Itu tadi 5 tips membeli laptop bekas / cara cek laptop bekas yang perlu diperhatikan. Penting untuk meluangkan waktu untuk memeriksa dengan teliti sebelum melakukan pembelian. 

Pastikan Anda mendapatkan laptop bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan dalam kondisi yang baik. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu Anda dalam proses pembelian laptop bekas. Selamat mencari laptop yang sesuai!

Post a Comment