JqhSRCdUrfr1KyxYuxtPdSuGcgp6mT2tPj27Nc05

5 Cara Mengecas Laptop Tanpa Charger

Cara Mengecas Laptop Tanpa Charger

Terkadang kita kehabisan baterai laptop dan tidak memiliki charger untuk mengisinya. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara mengecas laptop tanpa charger.

Laptop merupakan perangkat yang penting bagi banyak orang saat ini, terutama bagi mereka yang membutuhkan mobilitas tinggi dalam bekerja atau belajar. Tetapi adakalanya kita kelupaan membawa pengecas laptop kita. Ini dia tipsnya untuk anda!

5 Cara Mengecas Laptop Tanpa Charger

1. Memakai Power Bank

Salah satu cara cara mengisi daya laptop tanpa charger adalah dengan menggunakan power bank. Power bank adalah batre portabel yang biasanya digunakan untuk mengecas Hp atau tablet.

Beberapa jenis power bank ada yang memiliki lubang port untuk laptop. Apabila laptop Anda memiliki port USB-C, maka Anda dapat memakai power bank tersebut.

Jika tidak, maka harus membeli kabel konverter yang dapat mengubah port USB-C menjadi port yang kompatibel dengan laptop Anda.

Cara Mengecas Laptop Tanpa Charger

2. Memanfaatkan Adaptor Mobil

Jika Anda sedang berkendara dan tidak memiliki akses ke sumber daya listrik, kamu dapat menggunakan adaptor mobil untuk mengecas laptop Anda.

Adaptor mobil adalah sebuah perangkat keras yang dapat dihubungkan ke soket pengapian mobil. Sehingga dapat menghasilkan daya listrik yang bermanfaat untuk mengecas laptop Anda.

Namun, perlu berhati-hati dalam menggunakan adaptor mobil ini karena daya listrik yang dihasilkan mungkin tidak stabil dan bisa berakibat buruk pada laptop Anda. Tapi hal ini dapat anda lakukan jika dalam keadaan urgent.

3. Menggunakan Baterai Eksternal (Charger HP)

Anda juga dapat menggunakan baterai eksternal untuk mengecas laptop. Baterai portabel ini biasanya diperuntukkan dalam mengecas Hp atau tablet.

Beberapa charger Hp ini juga memiliki lubang port untuk laptop. Jika laptop Anda memiliki port USB-C, maka Anda bisa langsung menggunakan cas-an hp ini.

Namun, jika laptop Anda tidak memiliki port USB-C, Anda perlu membeli kabel konverter yang dapat mengubah port USB-C menjadi port yang kompatibel dengan laptop Anda.

Cara Mengecas Laptop Tanpa Charger

4. Menggunakan Solar Charger

Cara mengisi daya laptop dengan metode ke -4 ini yaitu menggunakan solar charger untuk mengecas laptop Anda. Solar charger adalah perangkat yang menggunakan energi matahari untuk menghasilkan daya listrik.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan solar charger ini karena daya listrik yang dihasilkan mungkin tidak cukup untuk mengecas laptop Anda dalam waktu singkat.

Dalam menggunakan solar charger, pastikan bahwa Anda berada di tempat yang cukup terkena sinar matahari untuk menghasilkan daya listrik yang cukup untuk mengecas laptop Anda.

Selain itu, gunakan solar charger yang terpercaya dan terjamin keamanannya untuk digunakan.

5. Meminjam Charger dari Teman

Jika Anda sedang berada di tempat yang ramai dan memiliki teman atau kenalan di sekitar Anda, Anda dapat meminjam charger laptop dari mereka.

Namun pastikan bahwa charger yang Anda pinjam cocok dengan laptop Anda dan jangan lupa untuk mengembalikan charger tersebut setelah Anda selesai menggunakannya.

Cara Mengecas Laptop Tanpa Charger

Cara mengisi daya laptop yang benar

Cara mengecas laptop tanpa charger mungkin terdengar sulit, tetapi sebenarnya ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Tapi jangan sering-sering menggunakannya. Pergunakan hanya ketika anda sedang kepepet saja.

Ini perlu diingat agar laptop Anda tidak rusak atau terjadi kerusakan pada baterainya. Selain itu, pastikan juga bahwa cara yang Anda pilih aman dan tidak membahayakan diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Sebelum melakukannya, pastikan juga bahwa Anda telah mematikan laptop Anda dan melepaskan semua kabel yang terhubung ke laptop.

Usahakan laptop Anda tidak dalam keadaan panas atau sedang menjalankan aplikasi atau program yang berat. Hal ini dapat mempengaruhi efektivitas dan keamanan anda.

Kesimpulan

Dalam penggunaan power bank, baterai eksternal, atau adaptor mobil, pastikan bahwa perangkat tersebut memiliki kapasitas daya listrik yang cukup untuk mengecas laptop Anda. Jangan terlalu sering menggunakan cara ini karena dapat mempengaruhi umur baterai laptop Anda.

Dalam kesimpulannya, cara mengisi daya tanpa charger memang membutuhkan sedikit usaha dan kreativitas, namun bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Selamat mencoba!

Post a Comment